Semalam Cerita Subang

"Subang.." topic pembicaraan tadi malam.

meski malam diguyur hujan begitu deras aku dan teman-teman BARAKS (Barisan Rakyat Subang) seperti biasa mengadakan evaluasi dan kajian berita. evaluasi dan kajian berita. namun tadi malam ada yang beda, kita kedatangan tamu kehormatan yang ikut menghangatkan suasana diskusi.

semua berbicara prihal subang, dulu-kini-dan esok. meski di awali dari membecirakan topic hangat berita televisi yaitu tanjung priok dan susno. dan akhirnya membicarakan tentang subang. Cerita Subang? ya subang tempat tinggal kita, tempat lahir kita, tempat masa kecil kita, tempat kita mencari nafkah.

isu pembangunan menjadi titik fokus pembicaraan kita." subang itu mau di bawa kemana?"  semua melontarkan argumennya. munculah isu2 kepemimpinan, isu2 pemerintahan dan isu2 masyarakat sosial. sungguh menarik. namun dari diskusi malam bagiku ada yang lebih menarik yaitu diskusi tentang sejarah subang.

ya bagaimana kita mau membangun dan memajukan subang jika kita tidak tau sejarah dan seluk beluk  subang.

sejarah, budaya, alam dan sosial masyarakatnya.  ini yang perlu kita ketahui bersama karena disanalah lahir sebuah jati diri subang dan dengan sendirinya akan muncul Icon-icon subang serta potensi-potensi pembangunan daerah. Pembangunan yang penuh kearifan lokal.

sedikit disinggung tentang pembangunan daerah, konon sejak jaman bupati abdul wahyan sampai sekarang.subang ya gitu-gitu aja. tidak pernah ada pembanguanan. yang ada rehabilitasi dan renovasi. ya begitupun Sumber Daya Manusia (SDM)nya pun demikian, ya seperti itu-itu juga. Sikap mental masyrakatnya pun demikian ya gtu-gtu aja. lantas Subang tuh mau gmn? pertanyaan yang harus membuat kami berpikir tentang subang.

Kembali kepada cerita sejarah subang. sejarah subang tidak akan pernah lepas dari cerita rakyat tentang SangKuriang, prabu siliwangi dan Mataram. Kujang yang menjadi lambang/icon tatur sunda konon berasal dari subang yang letaknya di gunung kujang. benarkah demikian? konon subang bukan jajahan belanda ataupun jepang, subang hanya di jajah oleh negara inggris, benarkah demikian? ya kita cari tau sejarah subang. agar kedepan generasi kita, sejak dini sudah tau betul sejarah subang serta  potensi-potensi yang ada agar tercipta Pembangunan Daerah yang penuh dengan ke arifan lokal.

Subang tandang..  Subang berjuang..
Share on Google Plus

About fasya elsyahid