Mempercantik Alun-Alun Subang

Alun-alun Subang, dengan hamparan rumput hijau membentang, di tempat ini berdiri kokoh monumen tugu benteng Pancasila. Kini tempat ini tengah menjadi sorotan masyarakat Subang. Pasalnya lapangan depan kantor Pemda Subang ini kini nampak berbeda. Dulu, tempat ini hanya menjadi tempat untuk pelaksanaan prosesi seremoni upacara. Dan setiap harinya warga memanfaatkan lahan hijau ini untuk bermain sepak bola. Setelah itu sepi.

Namun kini wajah alun-alun Subang nampak sumringah, selalu ramai dikunjungi warga masyarakat Subang. Sekarang alun-alun berubah menjadi sebuah taman, dimana warga subang bisa berekreasi dan berolahraga atau hanya sekedar jalan-jalan dan duduk-duduk santai merasakan suasana berbeda.

Taman Alun-alun Subang saat ini memiliki suasana baru dengan tambahan jogging track yang melingkari setengah lapang alun-alun, kini jika ingin lari atau jalan santai tidak perlu takut sepatu alas kaki menjadi kotor karena becek terkena hujan. Disinipun kini tersedia tempat duduk dari tembok untuk sekedar santai melepas lelah atau ngobrol santai bersama teman-teman, tempak duduk tempok ini berada disebelah barat dan timur bersampingan dengan monumen. Lalu Di depan Tugu Benteng Pancasila terdapat teras yang cukup luas, diteras ini anda bisa mengajak anak-anak untuk lari-lari sambil bermain-main atau bisa juga digunakan untuk melakukan senam.

Untuk merubah alun-alun menjadi sebuah taman, pemerintah daerah telah menggelontorkan dana hampir 2,5 milyar. Pembangunan taman ini memiliki alasan bahwa Subang saat ini sudah menjadi lintasan kota, banyak wisatawan yang melewati ruas jalan subang. Seperti yang di ungkapkan oleh Ojang Sohandi pada salah satu media satu tahun yang lalu.

“Sudah saatnya Subang berbenah, menata kota yang selama ini terkesan terlupakan. Saya ingin warga Subang bangga dan betah dengan kotanya sendiri” ujar Bupati Subang. 15/2/2015.

Selain itu Ojang pernah memprediksi kondisi Subang ketika jalan tol Cipali-Subang sudah mulai berfungsi. Ia memprediksi peluang Kota Subang akan menjadi tujuan wisata, sangat besar. Karena Sebelum menuju lokasi wisata Ciater dan Tangkuban Parahu yang selama ini menjadi ikon Subang, para pelancong luar daerah diharapkan menikmati taman-taman kota di Subang.

Menurut Dinas Tata Ruang Pemukiman dan Kebersihan (Distarkimsih) Kabupaten Subang pembangunan taman di Alun-alun Kabupaten Subang akan terus dibenahi. Pada tahap awal ini pembangunan taman alun-alun Subang baru menyelesaikan track jogging.

Kedepannya taman ini akan dibangun fasilitas lainnya seperti lapang basket on 3 dan skate park sarana untuk para pencinta skate board.

“Jogging track sudah selesai. Selanjutnya akan dibangun lapangan basket 3 on 3, skate park, toilet dan diusahakan akan ada tempat bagi para pedagang untuk memenuhi kebutuhan pengunjung,” terang Kabid Kebersihan Distarkimsih Subang, Tian.

Tempat ini, menurut Tian kedepan pihaknya akan membangun juga sebuah pilar Asmaul Husna, dan dalam pembangunan taman Alaun-alun tidak akan merubah semua pilar yang sudah ada. Namun hanya melakukan pembongkaran pembatas agar menjadi lebih luas. (SYA/*)
Share on Google Plus

About fasya elsyahid