Hastag (#) Subang Baru

Hastag (#) Subang Baru Manifesto Perubahan


Harapan atas Delematika


 

Akhir-akhir ini di kabupaten Subang sebagian pengguna media sosial baik twitter dan facebook tengah ramai mengganti foto sampul dan foto profilnya dengan gambar yang bertulisan “#SubangBaru. Manifesto Perubahan”. Bahkan kicauan di twitter dan status di dinding facebook diimbuhi dengan akhiran kalimat “#SubangBaru”.

12973408_10206248352347632_1703275141449377118_o

Bahkan beberapa media kini sudah mulai mengangkat informasi tentang gerakan #SubangBaru. Gerakan ini digagas oleh Tim Relawan Pengkaji Informasi Publik (TRPIP). Yang tengah menggalang dukungan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang Subang, dulu, kini dan yang akan datang.

Hastag (#) Subang Baru ini muncul bertepatan dengan momentum dimana pemimpin Subang, Ojang Sohandi ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kejadian tertangkapnya bupati Subang atas dugaan korupsi ini setidaknya menjadi delematika bagi masyarakat subang, karena pempin yang telah diberi amanah malah melakukan penyimpangan, dan peristiwa ini tidak hanya menimpa Ojang Sohandi.  Bupati Subang sebelumnya Eep Hidayat pun harus berakhir di jeruji besi.

Peristiwa ini, tanpa disadari berdampak pada psikologi sosial masyarakat subang, begitupun dengan perubahan konstalasi politik yang ada dalam pemerintahan di kabupaten Subang. Ditengah situasi pancaroba seperti saat ini, masyarakat sangat perlu diberi arahan dan pencerahan bagaimana menentukan nasib kabupaten Subang kedepan.

Setidaknya kini ada sekelompok orang yang telah menggagas menyebarkan angin segar memecah kebekuan, mendinginkan panasnya kekecewaan, dan menyamakan harapan yakni Subang Baru. Mengajak masyarakat untuk tidak acuh dan apatis terhadap kondisi yang ada. Warga masyarakat harus ikut andil memberikan sumbangsih gagasan dan pemikiran untuk Subang kedepan serta ikut serta mengaplikasikannya.

 

Subang Baru

Makna baru dalam kamus bahasa Indonesia, yaitu; belum pernah ada sebelumnya atau belum lama. Jadi bila disandingkan kata Subang Baru itu berarti sebuah kondisi atau tatanan, program, kebijakan atau sistem yang belum pernah ada di kabupaten Subang. Apakah itu? Tentunya hal itu perlu digali dan dicari bersama-sama dengan berbagai kalangan.

#SubangBaru kali ini menjadi ruang diskusi politik warga Subang yang hasilnya akan secara empiris dalam membangun dan mewujudkan manifesto perubahan. Entah seperti apa manifesto perubahan yang akan dihasilkan. Tentunya untuk membangun dan mewujudkan manifesto perubahan harus dilakukan dengan bukti nyata, bukan sekedar ide, moto dan gagasan. Pembuat manifesto harus ikut serta dalam bagian itu sendiri.

Tersimpan berjuta harapan dalam tulisan #SubangBaru, dan itu perlu diejawantahkan dan dijabarkan menjadi sebuah program berkepanjangan untuk perubahan pada tatanan sosial dan pemerintahan di kabupaten Subang.
Share on Google Plus

About fasya elsyahid