Tak Semiris Bang Thoyib

Setiap tahunnya hal ini selalu menjadi sorotan semua pihak, tidak terkecuali dunia berita. Ramai-ramai menginformasikan tentang pencarian hilal.

Saya sempat bingung, kenapa mencari hilal harus ramai saat hendak memasuki bulan Ramadan atau bulan Syawal,

kenapa tidak setiap bulannya kita perhatikan kehadiran hilal sebagai upaya menentukan awal penanggalan setiap bulan hijriah.

Ramadan memang bulan yang istimewa bagi umat muslim di dunia, menetukan awal puasa menjadi sorotan dan perhatiannya. Hal ini dikarenakan untuk memulai segala aktivitas dalam mencari keberkahan-Nya dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Penentuan awal ramadan pun sangat berarti bagi dunia bisnis, sebagaimana sudah kita maklumi bersama, ramadan menjadi bulan yang jorjoran bagi pelaku bisnis. Pasar semakin ramai, swalayan menawarkan diskon dan promosi besar-besaran. Ramadan itu berpuasa, tapi kenyataannya dibulan ini prilaku konsumtif semakin besar.

Ah..hilal sebegitu beruntungnya ia, selalu ditunggu-tungu dan dicari oleh semua orang. Nasibnya tak semiris bang Toyib, yang gak pernah muncul-muncul dan pulang-pulang, baik bulan ramadan ataupun syawal. Dan ia hanya dicari-cari oleh sang istri. Hehehe...

"Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadan 1437 H"
Share on Google Plus

About fasya elsyahid