Kenali Kekurangannya dan Ingatlah Kebaikannya

[caption id="attachment_1037" align="alignleft" width="341"]Graphic1 Background : wallpaperdisk.com[/caption]

Sebagai salah seorang kontributor majalah Dfile, dan sering keluar masuk Kantor Manajemen Pusat (Kampus) PT DAHANA (Persero). Banyak hal yang sering disaksikan, mulai dari kunjungan tamu maupun aktifitas kegiatan internal perusahaan, dan terkadang memperhatikan pula sikap dan kinerja karyawannya.

 

Seperti halnya yang terlihat pada Jumat pagi. Sebagaimana rutinitas menulis berita, terkadang  membuat berita dilakukan di kantor DAHANA, dengan meminjam komputer salah satu karyawan jika sedang tidak dipakainya.

Tanpa sengaja, saat tengah  menulis berita, beberapa orang penghuni ruangan ini membawa kursinya dan kemudian duduk melingkar di tengah ruangan yang memang cukup luas, lalu kumpul bersama. Pemandangan seperti ini memang baru pertama kali terlihat, mungkin karena kebetulan saja saat itu sedang ada diruangan, jadi baru melihatnya.

Tidak banyak yang didengar dari obrolan mereka, namun nampaknya sang pimpinan tengah serius mengarahkan rekan kerjanya. Sesekali mata melirik kearahnya. Terdengar sang pimpinan meminta mereka untuk menulis di secarik kertas.

“Mari kita tulis kebaikan rekan rekan disini, apa saja yang telah dirasakan oleh kalian dengan kebaikannya. tulis saja dua kebaikan yang telah dilakukannya” minta sang pimpinan.

Mereka pun segara menulis. Suasana sempat terasa sunyi, mungkin  mereka tengah berpikir dan mengingat-ngingat apa saja yang perlu ditulisnya. Tidak lama kemudian, sang pimpinan meminta mereka  satu-persatu membacakannya.

Setiap orang membacakan kebaikan orang yang tengah berkumpul bersamanya. Hal ini membuat aku tertarik, mencoba nguping mendengarkannya. Ternyata banyak cerita yang mereka sampaikan tentang kebaikan rekan kerjanya.

Hanya dua kebaikan saja yang mereka tulis dan kemudian membacakan didepan orangnya, mendengarkan saja hati ini terasa terenyuh. Hal yang dianggapnya sepele, tidak menduga itu akan menjadi kebaikan bagi rekan-rekannya dan itu selalu diingatnya. Menanyakan kabar melalui sms, mendengarkan curhatannya, membantu dan mengantarkannya, memberi arahan, atau hanya sekedar melakukan kerja dengan optimal, ini menjadi kebaikan bagi rekan-rekannya dan memaklumi atas semua kekerungannya.

Disela-sela jam rutinitas kerjanya, mereka menyempatkan waktu untuk me-refresh suasana. Dalam aktifitas kerja memang terkadang terjadi ketersinggungan, yang berdampak pada suasana hati dan suasana kerja. Ketika hal itu terjadi maka tidak salahnya untuk melakukan penyegaran diri, salah satunya kembali memaklumi atas kekurungannya, dan mengingat kebaikan-kebaiakannya.
Share on Google Plus

About fasya elsyahid