Kerennya Uang Baru Rupiah di Bawah Sinar UV



Uang rupiah baru yang dirilis pada dua hari yang lalu oleh Bank Indonesia ternyata menyimpan gambar unik dan keren. Gambar unik ini adalah bagian dari pengamanan untuk menunjukan bahwa uang ini adalah asli.

Sebagaimana kita ketahui bersama, uang memang menyimpan sistem pengaman, agar tidak dipalsukan.  Seperti yang dilansir dari beritanya Citizen.liputan6.Com, Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI, Suhaedi. Mengatkan rupiah memiliki sistem pengamana tiga level.
  
Sitem pengamanan Level 1 (terbuka) yakni unsur pengamannya dapat dideteksi tanpa bantuan alat, atau sering kita sebut dengan istilah 3D Diraba, Dilihat,dan  Diterawang.

Pada pengamanan level 2 (semi tertutup) yaitu unsur pengaman hanya dapat dideteksi oleh alat sederhana seperti kaca pembesar dan lampu ultraviolet (UV). Sedangkan pada sistem pengamanan level 3 (tertutup), pengaman uang hanya dapat dideteksi dengan mesin sortasi milik Bank Sentral atau dengan peralatan laboratorium.

Berikut ini, gambar-gambar pengaman uang baru rupiah jika disinari lampu UV. Foto-foto ini saya unggah dari akun facebook Encyclopedia Bebas, dan menurut keterangan foto-foto ini hasil jepretan seorang Numismatik (kolektor Uang) yang bernama Mulyadi.










 Sumber Foto :  https://web.facebook.com/encyclopedia.bebas/photos/?tab=album&album_id=1269135099776468


Share on Google Plus

About fasya elsyahid