Tukang Tahu Ingin Bangun Taman Baca




Ia biasa disapa dengan nama Budi, ternyata sya sudah berteman di FB dengannya sejak lama, cuma sya tidak ngeuh, karena jarang berinterkasi dengannya. Akun FB nya bernama Sehabudin.

Beberapa hari yang lalu, ia menghubungi sya via WA, perihal ketertarikannya terjun di dunia literasi, ingin membangun taman baca di daerahnya yakni disekitar Cisalak, Subang.

"Kang, Saya ingin bangun taman baca, gimana caranya, ya?" tulis dia, membuka obrolan via WA.

"Buku saya masih sedikit, itu juga buku-buku bekas, dapat ngumpulin," ungkapnya, saat sya tanya koleksi buku yang dia punya.

Karena saya merasa ribet buat ngetik-ngetik via WA, akhirnya sya ajak ketemuan. Akhirnya hari Ahad kemarin saya bisa bertemu dengan orang ini di Taman Baca Rumah Ilmu.

Dan, baru tahu, ternyata ia selain menjadi santri di pondok pesantren, aktifitas hariannya juga sebagai penjual tahu+tempe keliling.

Sedikitnya dalam obrolan, ia mengungkapkan motif dan keinginan untuk bergerak di dunia literasi. Ternyata keinginannya ini sudah ada sejak lama, namun masih merasa bingung untuk bergerak.

Saya ceritakan juga tentang kisah tukang tahu keliling yang memiliki segudang penghargaan, pernah diundang acara TV dan diundang Presiden ke Istana. karena amal baiknya menjadi penggerak literasi, orang ini adalah Mang YayatSehati. Saya sarankan Budi untuk belajar darinya, menjadi aktivis pustaka bergerak. Sambil jualan tahu bisa bawa buku bacaan.

Perihal tips membangun taman baca, saya teringat nasehat kang Golagong ketika sya bermain ke Rumah Dunia , "Buku jangan hanya diam di rak, gerakan, sebarkan. Bukunya masih sedikit? ajak temanmu yang punya buku, kumpulin bukunya. Teman gak punya juga? Bukumu sumbangin ke taman baca, dan kamu ikut terlibat disana, menjadi penggiat literasi," kurang lebihnya begitu nasehatnya.

Sebagai bentuk dorongan dan dukungan, beberapa buku koleksi Taman Baca Rumah Ilmu saya hibahkan. " Nih, bawa buku-bukunya, tapi saya titip bukunya hrus bisa terus bergerak“.

"Sehabudin, Selamat Bergerak, Semangat terus menebar kebaikan melalui Buku!"

Bagi yang inging mendukung, mendonasikan buku bacaan buat Sehabudin, silakan bisa hubungi akun FB nya. atau di tlp +6285314194245




Share on Google Plus

About fasya elsyahid